Iis Soekandar: Tamasya

Sabtu, 25 Februari 2017

Tamasya

Mengenal Pantai Depok

      Indonesia terdiri dari beribu pulau dan dikelilingi lautan. Sepertiga wilayahnya berupa daratan sedangkan dua pertiga berupa lautan. Karena sebagian besar wilayah berupa lautan, Indonesia mempunyai banyak pantai. Diantaranya Pantai Depok, termasuk dalam kawasan pantai selatan.
     Pantai Depok tepatnya terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Barangkali nama Pantai Depok tidak setenar Pantai Parangtritis. Tapi keberadaan Pantai Depok bisa dijadikan alternatif wisata bila berkunjung ke kawasan pantai selatan. 


     Pantai Depok terletak berdekatan dengan Pantai Parangtritis. Tetapi sebagai daerah wisata yang berbeda wilayah, otonominya pun dikelola secara sendiri-sendiri. 
    Loket masuk Pantai Depok Rp 4.750,00 untuk orang dewasa dan Rp 3.750,00 untuk anak-anak. Sambil menikmati deburan ombak wisatawan dapat duduk-duduk di atas pasir dengan menyewa tikar sekaligus payungnya seharga Rp 25.000,00. 
  Ternyata menyusuri jalanan berpasir di pinggir pantai tidak harus berjalan kaki. Pihak pengelola menyediakan jasa sewa sepeda motor dengan tarip Rp 50.000,00 per setengah jam. 


       Udara yang menyengat tak perlu khawatir sebab di pinggir-pinggir pantai banyak penduduk setempat yang menjual es kelapa muda langsung disantap dari buahnya. Harganya relatif murah dengan merogoh kocek Rp 10.000,00, hanya kelapa muda dengan airnya, atau ditambah dengan es dan sirup.

     Sebagai daerah pantai yang menghasilkan ikan, banyak dijajakan makanan dari olahannya,  
seperti udang, belut, ikan kembung. Bahkan dijual pula makanan yang tidak biasa didapat di pasaran umum, yaitu undur-undur. Dan semua makanan itu dimasak dalam olahan goreng. 
Semua pedagang adalah penduduk setempat. Logatnya yang ramah, khas orang desa, membuat wisatawan tak sungkan mencicipi sepuasnya. Bahkan mereka tampak dengan senang hati meminta pengunjung mencicipi walau tidak membeli. Seolah para wisatawan adalah tamu yang layak dijamu, tanpa menghiraukan bahwa mereka sedang berdagang.
       Tidak hanya ikan yang sudah diolah, wisatawan dapat membeli ikan yang masih segar. 


Pasar ikan segar dapat ditemui di luar pantai, tepatnya di tempat parkir. Rasanya hati terpuaskan menikmati Pantai Depok sambil membawa oleh-oleh ikan goreng maupun ikan segar.
@@@

Tidak ada komentar:

Posting Komentar